Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

10 Cara Menghemat Baterai HP yang Cepat Habis

Posting Komentar
cara menghemat baterai hp

Siapa sih disini yang ngak mau Baterai Hp nya jadi awet dan tahan lama saat di gunakan, pastinya baterai awet dan tahan lama adalah idaman bagi para pengguna Handphone kan?, Mengingat perkembangan teknologi Handphone dari waktu ke waktu semakin banyak yang meminatinya.

Tapi banyak orang yang salah kaprah saat menggunakan Handphone, mereka sering menyepelekan hal-hal yang sebenarnya membuat umur baterai menjadi pendek dan membuat baterai lebih cepat habis.

Nah, untuk kalian yang sering mengeluh karena Handphone sering boros baterai, perlu di simak nih beberapa pembahasan berikut ini mengenai beberapa Cara mengehemat baterai HP dengan benar.


10 Cara Menghemat Baterai HP

Oke, cara-cara yang akan kita bahas berikut ini bisa kalian manfaatkan untuk menghemat baterai HP kalian, Penasaran? langsung saja mari kita bahas.


1. Aktifkan Mode Penghemat baterai

cara menghemat baterai hp

Cara pertama ini juga cukup ampuh karena fitur Penghemat baterai ini otomatis di sediakan oleh Perusahaan handphone tersebut guna membantu penggunannya agar mendapatkan kenyamanan, yaitu penghematan kosumsi baterai.

Biasanya, mode Penghemat baterai atau Power saving ini terlah tersedia di beberapa jenis Handphone terbaru saat ini, dengan kalian mengaktifkan fitur Penghemat baterai maka otomatis penggunaan kosumsi baterai pada handphone akan terkondisikan.

Gak paham?, begini maksudnya jika kalian memilih untuk mengaktifkan mode Penghemat baterai yang di sediakan oleh Handphone maka secara otomatis bisa mengatur aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang dan hanya membatasi beberapa aplikasi yang penting saja yang bisa berjalan seperti Telepon, Sms, Internet, dan sebaginya.

Oke, begini lah cara untuk Mengaktifkan mode Penghemat baterai atau Power saving pada Handphone :


  • Masuk ke pengaturan.
  • Cari dan klik menu Baterai.
  • Nah, di dalam menu Baterai tersebut terdapat pengaturan untuk mengatur atau mengakitifkan Mode penghematan baterai, klik saja Ultra Power Saving Mode.

Loh, kok ngak ada settingan nya seperti di atas? Begini sob, untuk setiap Handphone memiliki pengaturan dan fitur yang berbeda-beda oleh karena itu kalian bisa menyesuaikan sendiri dengan cara di atas, bila tidak mengerti bisa di tanyakan melalui kolom komentar.


2. Usahakan tidak Menggunakan Live Wallpaper

cara menghemat baterai hp

Penggunaan Wallpaper yang berbasis live atau bergerak akan banyak menguras kosumsi baterai pada Perangkat Handphone, Logikanya begini layar merupakan salah satu komponen penyumbang pemakaian daya terbesar pada baterai.

Jika kalian menggunakan Wallpaper dengan jenis Live maka secara otomatis wallpaper tersebut lah yang akan memakan banyak daya baterai pada handphone.

Iya sih, bisa membuat tampilan Handphone menjadi lebih hidup dan menarik, Tapi coba pertimbangkan dulu mengenai pemasangan wallpaper bisa jadi akan berdampak besar pada daya tahan baterai kamu.


3. Gunakan wallpaper hitam

cara menghemat baterai hp

Kita kembali lagi ke peran wallpaper sebagai suatu cara untuk mengehemat baterai pada HP, Tidak sedikit orang berpresepsi bahwa jika menggunakan Wallpaper dengan background hitam maka kosumsi daya yang di gunakan akan lebih sedikit.

Namun, cara ini tidak berpengaruh ke layar bertipe LCD ya, artinya Cara ini hanya berpengaruh pada Handphone yang sudah mendukung layar bertipe AMOLED.

Berdasarkan riset dari XDA Developers yang di kutip dari Androidpit, bahwa Peran wallpaper hitam pada layar AMOLED bisa berperan untuk menghemat sekitar 6 persen daya tahan baterai setiap jamnya, pada kecerahaan layar rata-rata 20 persen.

Nah, kesimpulannya bahwa layar yang menggunakan tipe AMOLED jika di pasangkan latar belakang atau wallpaper hitam bisa membantu menghemat daya baterai, karena tampilan wallpaper hitam cenderung menghasilkan lebih sedikit cahaya.


4. Nonaktifkan Mode Getar

cara menghemat baterai hp

Mode getar adalah suatu mode yang otomatis ada di handphone, mode ini berguna untuk menggertarkan HP jika ada suatu notifikasi yang masuk atau adanya sebuah panggilan yang masuk.

Banyak fakta yang mengungkapkan bahwa mode ini bisa berdampak ke pemborosan baterai. Iyha betul!, memang dengan kalian mengaktifkan mode ini maka Handphone kalian membutuhkan daya besar guna menggetarkan modul vibrator yang ada pada Handphone, maka dari itu kondisi ini lah yang menyebabkan baterai kalian menjadi lebih boros dan cepat habis.

Lebih baiknya jika kalian ingin menghemat baterai, Gunakan saja mode senyap atau silent. Selain bisa menghemat baterai mode senyap ini juga berguna untuk mematikan getaran atau suara yang muncul ketika sebuah notifikasi masuk ke Handphone.


5. Turunkan tingkat Kecerahan

cara menghemat baterai hp

Benar ngak sih, kalau tingkat kecerahan pada sebuah HP bisa menentukan tingkat kenyamanan seorang pengguna?, Memang banyak orang lebih senang mengatur kecerahan layar nya ke titik rendah, Kenapa? karena otomatis jika kita mengaturnya ke tinggi maka akan membuat mata cepat lelah dan perih.

Nah, selain itu dengan kalian mengatur tingkat kecerahan juga akan berpengaruh pada besarnya daya baterai yang di gunakan. begini maksudnya, Semakin tinggi tingkat kecerahan layar maka akan semakin banyak pula daya baterai yang di gunakan, Sebaliknya jika semakin rendah tingkat kecerahaan layar maka akan semakin kecil pula daya baterai yang di gunakan.

Untuk itu pengguna dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layarnya, Guna sebagai bentuk kenyamanan dan juga sebagai suatu cara untuk menghemat daya baterai.


6. Hilangkan anggapan Membersihkan aplikasi yang sedang berjalan

cara menghemat baterai hp

Tahu tidak maksudnya? begini banyak orang yang selalu termakan oleh omongan-omongan bahwa mengahapus Recent apps atau aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar (backgroud) bisa membantu menghemat daya beterai Handphone, Anggapan itu sebenarnya salah!.

Begini-begini, kita definisi kan dulu Apa itu Recent apps? Recent apps adalah sebuah daftar panjang aplikasi-aplikasi yang pernah di gunakan dan bisa di akses kembali melalui menu di Handphone.

Memang salah anggapan bahwa menghapus daftar aplikasi yang berjalan di Background bisa menghemat daya baterai, Kenapa? karena sebuah aplikasi yang ada di recent apps berada dalam kondisi Berhenti dan sudah tersimpan dalam memori (cache) handphone. Tujuannya agar aplikasi yang pernah di buka sebelumnya bisa di muat kembali dengan cepat.

Nah oleh karena itu menghapus recent apps justru akan membuat baterai ponsel bekerja lebih keras dan cepat habis, Sebab sistem akan membuka kembali aplikasi dari nol dan pengaruhnya akan membutuhkan lebih banyak pula daya ketimbang menyalakan ulang atau mengaksesnya melalui recent apps, bagimana logis tidak?


7. Pasang aplikasi Greenify

cara menghemat baterai hp

Oke, kali ini kita coba menggunakan sebuah aplikasi pembantu yang ada di Android untuk kita manfaatkan sebagai suatu sarana untuk menghemat daya baterai, loh kok bisa?

Begini, Greenify merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk menghibernasi aplikasi-aplikasi yang kalian pasang di Handphone. jika kalian memasang aplikasi seperti Line, Whatsapp, Facebook, Email pastinya akan ada notifikasi-notifikasi yang selalu muncul kan, Nah inilah guna dari Greenify.

Upaya hibernasi ini berguna untuk Penghematan energi ketika daya baterai mulai menimpis, yaitu dengan cara menghentikan atau menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Selain dapat di gunakan sebagai upaya untuk menghemat daya baterai, Aplikasi seperti Greenify juga berguna meningatkan kinerja Handphone sehingga menjadi lebih optimal dan stabil walaupun banyak aplikasi yang terinstal.


8. Perhatikan Aplikasi pemboros Baterai

cara menghemat baterai hp

Suatu aplikasi tentunya memiliki sebuah fitur-fitur nya sendiri, fitur ini bisa di manfaatkan oleh para penggunanya untuk memudahkan berbagai aktivitasnya. Di balik kegunaannya tersebut, sebuah aplikasi faktanya merupakan salah satu pemboros daya baterai pada Handphone.

Begini, penggunaan aplikasi yang di gunakan secara terus-menerus bisa memakan banyak daya baterai. Namun perlu saya tekankan disini bahwa tidak semua aplikasi memakan banyak daya baterai, ya tergantung durasi saat kita menggunakannya.

Guna melihat aplikasi mana yang paling banyak memakan daya baterai, Kalian bisa mengetahuinya melalui menu Pengaturan di Handphone kalian.

Caranya begini, Masuk ke Pengaturan > Cari menu Baterai > Rincian konsumsi daya atau Power usage, dan pada bagian tersebut kalian bisa melihat mana aplikasi yang banyak menguras daya baterai berdasarkan rincian persen.

Jika kalian sudah mengetahui mana aplikasi yang paling banyak menguras baterai, maka langkah selanjutnya adalah kalian bisa memilih Untuk mengahapusnya atau memaksa untuk Paksa berhenti aplikasi tersebut.


9. Matikan Notifikasi yang tidak Penting

cara menghemat baterai hp

Beberapa aplikasi saat ini sudah di bekali dengan beberapa fitur-fitur menariknya, terutama fitur mengantarkan informasi melalui notifikasi, Gunanya adalah supaya pengguna selalu update akan berbagai informasi atau pemberitahuan yang ada pada aplikasi tersebut.

Contoh aplikasi yang mempunyai fitur seperti ini, adalah Sosial media atau Aplikasi berita misal, pastinya aplikasi seperti ini akan selalu memberi update kepada penggunanya setiap saat, Tapi apa jadinya jika fitur seperti ini malah bisa menguras baterai Handphone.

Fitur seperti ini memang bisa menguras baterai karena notifikasi yang setiap kali update akan selalu muncul di handphone, dan hal seperti ini bisa menguras baterai jika pengguna tidak mengontrol sendiri. Kalian harus bijak dalam memilih aplikasi mana yang harus mengirim pemberitahuannya ke pengguna. 

Nah, cara mengaturnya pun cukup mudah yaitu kalian hanya perlu masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Masuk ke salah satu aplikasi yang ingin kalian cabut izin notifikasinya > Sudah, klik Notifikasi > Ceklis Blokir semua (gunannya untuk memblokir setiap notifikasi yang ada pada aplikasi untuk tidak diberitahu kepada si pengguna).


10. Matikan GPS jika tidak digunakan

cara menghemat baterai hp

Fitur canggih bernama GPS ini sudah banyak di terapkan ke Handphone saat ini, Gunannya untuk melihat atau melacak lokasi handphone tersebut berada. 

Sadar ngak kalau fitur satu ini adalah biang keladi dari borosnya baterai pada Handphone kalian. Ya, memang fitur satu ini bisa memboroskan baterai, Karena fitur GPS akan berkerja keras untuk mencari dimana lokasi sinyal dari menara pemancar seluler serta satelit.

Bingung? begini sebuah Handphone di bekali dengan sebuah chip kecil yang di namakan GPS receiver dan sebuah antena yang terletak di dalam Handphone, kedua benda ini akan bertugas untuk selalu mencari menara pemancar sinyal seluler jika pengguna Mengaktifkan GPS pada handphone nya.

Nah, inilah sebabnya jika si pengguna terus-menerus mengaktifkan GPS maka GPS receiver akan menebak-nebak dan menemukan lokasi Handphone si pengguna, oleh sebab itu chip ini akan selalu berkerja keras dan selalu berusaha menemukan lokasi di pengguna di mana pun dia berada.

Maka dari itulah, gunakan fitur GPS jika sedang digunakan saja jika tidak dan terus aktif maka akan berdampak ke pemborosan baterai.

Baca Juga :

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah sebanyak apapun mAh (mili ampere hour) pada Handphone jika kalian tidak bijak saat menggunakannya maka akan percuma juga. 

Jadi, walaupun kalian sudah kesana-kesini mencari cara menghemat baterai jikalau kalian tetap tidak benar saat penggunaan akan sama saja dan tidak berpengaruh juga. 

Sekian itulah ulasan mengenai Cara menghemat Baterai Handphone, Semoga bisa bermanfaat.
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar