Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

Komunikasi Daring Asinkron: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Posting Komentar
komunikasi daring asinkron

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi satu dengan yang lainnya, Semakin canggihnya dunia teknologi saat ini, bentuk Komonikasi menjadi lebih Canggih dan Maju. Apalagi pada saat ini sedang Jamannya Komunikasi Daring, Nah komunikasi daring di bedakan menjadi dua macam, yaitu Sinkron dan Asinkron.

Kali ini akan ada pembahasan mengenai Komunikasi daring Asinkron, dalam satu artikel ini kalian akan mengetahui banyak hal yang ada dalam Komunikasi daring asinkron.

Pengertian Komunikasi Daring Asinkron

Komunikasi daring Asinkron adalah Komunikasi yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih, Komunikasi ini dilakukan secara tunda melalui perangkat komputer dan jaringan internet. 

Selain itu, Komunikasi asinkron juga bisa tersambung secara tidak sengaja ataupun berbeda waktu antara si pengirim dan penerima.

Jenis-jenis Komunikasi Daring Asinkron

Komunikasi daring asinkron memiliki beberapa Jenis yang ada saat ini, Kali ini akan ada 3 pembahasan tentang Komunikasi asinkron beserta penjelasan singkatnya.

1. Blog

jenis jenis komunikasi daring asinkron

Blog atau web log adalah suatu aplikasi web yang berisi berbagai macam tulisan-tulisan atau konten yang bisa di publikasikan pada halaman web umum. Blog pada saat ini banyak di gunakan orang untuk berbagai keperluan dan kesenangan, Terutama yang hobby menulis, cocok banget untuk menuangkannya kedalam sebuah konten di blog.

Situs web bisa di temukan oleh penggunjung, karena si pengunjung menuliskan suatu kata kunci yang mereka cari atau mereka masukkan ke search engine, Kata kunci (keyword) ini bisa di masukkan ke halaman pencarian Google, Yahoo, Bing, ataupun search engine lainnya.

Nah, Blog ini juga memiliki sebuah struktur standar, Seperti Header, Nevbar, Main blog, Sidebar, dan juga Footer. 

Kalau kalian masih heran, Apa sih hubungan blog dengan komunikasi daring asinkron? Nah ini dia penjelasan singkat nya. 

Blog adalah sebuah media yang berisi konten berupa tulisan yang bisa di publikasikan kepada orang lain, Namun tidak serempak. 

Makusdnya begini, saat pemilik blog mempublis kontennya, maka konten tersebut akan mendapat respon tunda dari publik yang bisa mengakses blog tersebut.

2. Forum Chat

jenis jenis komunikasi daring asinkron

Forum ini bisa kita maksudkan dengan Forum chat, forum chat adalah suatu grup online yang ada di sebuah aplikasi chat, Baik itu Facebook, Whatsapp, Instagram, atau Twitter, Aplikasi seperti itu merupakan contoh layanan yang menyediakan forum chat.

Forum chat dapat di kaitkan dengan Komunikasi daring asinkron , karena memiliki sifat tunda atau tidak serempak. Begini maksudnya, Seseorang bisa mengirim pesan dalam forum chat, tetapi jika perangkat si penerima pesan tidak Online maka pesan akan tertunda, sampai si penerima membuka dan membaca pesan tersebut.

Jangan beranggapan kalau, keadaan Offline si pernerima pesan akan menghambat proses Komunikasi daring asinkron, Pesan akan tetap terkirim, hanya saja pesan yang di sampaikan tidak di respon dengan umpan balik yang cepat. jadi inilah, yang menyebabkan Forum chat merupakan salah satu jenis Komunikasi daring asinkron, karena memiliki sifat yang tidak serempak.

3. E-mail

jenis jenis komunikasi daring asinkron

E-mail adalah sebutan dari surat elektronik, dimana berfungsi untuk mengirim dan menerima surat berupa pesan dengan format digital melalui internet atau komputer. Pada era saat ini, Email menjadi salah satu identitas pribadi yang dimiliki oleh seseorang.

Dalam email, kita bisa mengirim dan menerima berbagai jenis file dan dokumen digital, seperti Foto, Video, Teks, Audio, dan sebagainya. Hubungan Email dengan komunikasi asinkron, karena email ini memiliki sifat tunda.

Dalam hal ini, bisa di makusudkan jika si pengrim mengirimkan pesan melalui email dan pesan akan segera masuk ke email si penerima, namun sifatnya tidak serempak, Karena pesan yang di kirimkan oleh si pengirim akan mendapatkan jeda waktu jika si penerima tidak dalam keadaan online atau belum membuka isi pesan tersebut.

Email juga dikalsifikasikan menjadi tiga jenis yang berbeda, Seperti contoh POP Mail, Webmail, dan Forwarding Mail.

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring Asinkron

Nah, sebetulnya Komunikasi daring asinkron memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya sendiri, kali ini akan ada beberapa presepsi mengenai keduanya, Langsung saja kita akan bahas Kelebihan dan kekurangan dari komunikasi daring asinkron.

# Kelebihan Komunikasi Daring Asinkron

1. Tidak terbatas

Komunikasi daring asinkron, memiliki sifat tidak terbatas. Maksudnya disini adalah kita bisa mengirim ribuan baris pesan tanpa adanya lampiran pesan yang terpisah.

Masih binggung? begini, berbeda lagi dengan Komunikasi daring Sinkron, jika Asinkron kita dapat mengirim ratusan bakan ribuan pesan dengan melampirkan berbagai bentuk file digital tanpa adanya lampiran atau baris yang terpisah.

Namun, jika Sinkron ketika kita mengirim pesan dan file sekaligus, maka isi pesannya akan terpisah antara lampiran teks dan lampiran file. Itulah yang membedakan antara keduanya.

2. Tidak harus langsung membalas

kelebihan lainnya adalah kita tidak harus langsung membalas pesan yang di kirimkan oleh si pengirim. Kondisi ini bisa kita simpulkan bahwa jika ada pesan masuk saat kita dalam kondisi sibuk atau sedang ada urusan, kita tidak wajib untuk membalasnya (jika dirasa pesan emailnya kurang penting).

3. Dapat di gunakan untuk Kepentingan Resmi

Nah, kalau yang satu ini juga merupakan kelebihan dari Komunikasi daring asinkron, Dimana kita bisa menggunakannya untuk kepentingan resmi, Seperti Perusahaan, atau instansi pemerintahan.

Dalam Asinkron, kita bisa mengirim surat resmi yang di lengkapi dengan kepala surat yang ada di dalamnya. Kita bisa memakai kepala surat ini untuk terlihat lebih professional untuk hal yang resmi dan penting.

# Kelemahan Komunikasi Daring Asinkron

1. Hanya bisa mencakup hal-hal penting 

Biasanya komunikasi daring asinkron, di gunakan untuk hal-hal yang sekirannya penting dan serius. Kalau kita cerna lagi, sebenarnya kita rugi kalau menggunkannya untuk hal yang sepele atau tidak terlalu penting.

Komunikasi asinkron ini biasanya di gunakan sebuah perusahaan untuk berbagai hal penting, misalnya mempromosikan produk, mempublikasikan produk, dan lain-lain.

2. Adanya berbagai tindakan Spam

Tidak semuanya, biasanya komunikasi daring asinkron membutuhkan alamat surel yang pastinya orang lain akan mengetahuinya. Nah, hati-hati celah ini akan di manfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk mengirimkan berbagai pesan palsu yang bisa saj berisi virus berbahaya.

Tata Krama Komunikasi Daring Asinkron

Nah, setiap komunikasi daring pasti memiliki Tata krama nya sendiri-sendiri. Tata krama asinkron berbeda lagi dengan sinkron. Oleh karena itu, setiap pengguna komunikasi daring sebaiknya menaati Tata Krama dari Setiap komunikasi daring baik itu asinkron maupun sinkron.

Jika kalian pengguna Komunikasi daring asinkron, Sebaiknya kalian memperhatikan beberapa Tata krama berikut ini, Agar bisa menjadi pedoman kalian untuk menggunakannya sebaik mungkin.

  • Jangan meneruskan pesan yang tidak penting

  • Segera menanggapi/ membalas pesan yang di terima

  • Tidak menuliskan seluruh kaliamt dengan huruf Kapital

  • Kejelasan dalam penulisan subjek

  • Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam

  • Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan

Begitulah 6 tata krama dalam Komunikasi asinkron, semoga kalian bisa menerapkannya dengan baik dan benar.

Sampai disini kalian sudah mengerti apa itu Komunikasi daring asinkron, dan berbagai jenisnya? Jika sudah, selamat kalian sudah berhasil memperlajari berbagai Penjelasan tentang Komunikasi daring asinkron, mulai dari Pengertian, Jenis, Kelebihan dan kekurangan, dan juga tata kramanya. Semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar